Pages

Info Saya

----------------------

TENTANG SAYA

Nama saya Lengkapnya adalah Yudi Permana, Saya memang Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru. Saya hanya Bisa Mengutak Atik yang ada Tanpa Tau Apa Maksud dan Tujuannya. Mohon Untuk Tidak Tersinggung Bila Ada Sesuatu yang sama Dari Blog Ini...

----------------------

Menampilkan Grafik atau Gambar di Cell DBGRID Delphi

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Menampilkan gambar di Cell DBGRID. Ini merupakan salah satu cara bagaimana kita ingin menampilkan sebuah gambar pada DBGRID,disini saya memberikan contohnya yaitu dimana Jika Status Lunas=True maka tampilkan gambar SENYUM dan jika False maka tampikan gambar Seperti orang MARAH..
Lihat contoh screenshot dibawah ini :

menampilkan gambar di DBGrid delphi
Ada juga yang menampilkan gambarnya itu berdampingan dengan isi record.

OK, kita langsung saja ke Pembahasan selanjutnya,disini saya  hanya memberikan contoh yang Gambar Pertama saja.
Pertama siapkan komponen"y : 2 buah komponen Image,Adotable,Adoconnection,DataSource,DBGrid.
komponen Image isi gambarnya sesuai yang di inginkan,image1 gambar apa,image2 gamba apa..
Kedua, Langsung saja Listing Programnya..wkwkwkw....

procedure TForm1.dbgrd1DrawColumnCell(Sender: TObject; const Rect: TRect;
  DataCol: Integer; Column: TColumn; State: TGridDrawState);
var
  bmpImage: tBitmap;
  intX, intY: Integer;
begin
  if DataSource1.DataSet.RecNo > 0 then
  begin
    if column.Title.Caption = 'Lunas' then
      with dbgrd1.Canvas do
      begin
        fillRect(rect);
        bmpImage := tBitmap.Create;
        try
          if dbgrd1.DataSource.DataSet.FieldByName('Lunas').AsBoolean = True then
            bmpImage.Assign(Image1.Picture.Bitmap);

          if dbgrd1.DataSource.DataSet.FieldByName('Lunas').AsBoolean = False then
            bmpImage.Assign(Image2.Picture.Bitmap);

          intX := ((rect.Right - rect.Left) div 2) -
            (bmpImage.Width div 2);

          intY := ((rect.Bottom - rect.Top) div 2) -
            (bmpImage.Height div 2);
          draw(rect.Left + intX, rect.Top + intY, bmpImage);
        finally
          bmpimage.Free;
        end;
      end;
  end;

end;


Cuma gitu saja,jangan Lupa Simpan pada event DrawColumnCell.
Sekian...


Ditulis Oleh : Antas Delphi ~ Blogger

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Menampilkan Grafik atau Gambar di Cell DBGRID Delphi,, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda, kalau mau share silahkan saja dan tidak ada tuntutan apapun dari saya !! Dan semua artikel disini tidak ada unsur untuk melakukan pembajakan dari pihak manapun tapi cuma untuk share saja.

:: Thank you for visiting ! ::

Comments
1 Comments

1 comment:

  1. Terima kasih ya nanti saya mau coba semua yang dari sahabat delphier,,,

    ReplyDelete

Jangan Lupa Memberikan Komentar, Namun Tolong Agar Menggunakan Bahasa Yang BAIK dan SOPAN Terima Kasih...