Pages

Info Saya

----------------------

TENTANG SAYA

Nama saya Lengkapnya adalah Yudi Permana, Saya memang Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru. Saya hanya Bisa Mengutak Atik yang ada Tanpa Tau Apa Maksud dan Tujuannya. Mohon Untuk Tidak Tersinggung Bila Ada Sesuatu yang sama Dari Blog Ini...

----------------------

Menentukan Tanggal Awal dan Tanggal Akhir di Delphi pada Bulan Tertentu

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Untuk Menentukan atau mendapatkan Tanggal awal bulan pada suatu bulan Ane punya codingnya nih, tapi sebelumnya pada uses coba agan" taruh DateUtils terlebih dahulu. Untuk menentukan Tanggal awal tentunya pasti tanggal 1 kan kalo tanggal awal, itu sangat mudah tinggal pake StartOfTheMont. Contoh Penggunaannya gini :

DateTimePicker1.Date:= StartOfTheMont(Now) atau
DateTimePicker1.Date:= StartOfTheMont(DateTimePicker1.Date)

Sedangkan untuk menentukan Tanggal Akhir Bulan buat Function dulu :  
Function TanggalAkhir(tanggal:TDateTime):TDate;
begin
Result:=EncodeDate (YearOf(tanggal),
MonthOf(tanggal),
DaysInMonth(tanggal));
end;

untuk penggunaannya bisa seperti ini :

procedure TForm1.DateTimePicker1Change(Sender: TObject);
begin
DateTimePicker2.Date:=TanggalAkhir(DateTimePicker1.date)
end;

tapi menurut saya lebih mudah pake ini :
DateTimePicker2.Date:=EndOfTheMonth(DateTimePicker1.Date)
simpan saja teserah dimana,Misal di Event change pada DateTimePicker1.

mudah Sekali bukan, silahkan coba kalo ada yang error dibenerin saja ya sendiri, soalnya gx ane Copas dari program langsung tapi ane ketik ulang (ane pake 2 kompi) barangkali saja ada salah penulisan gito, jadi mohon maaf saja.

Ditulis Oleh : Antas Delphi ~ Blogger

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Menentukan Tanggal Awal dan Tanggal Akhir di Delphi pada Bulan Tertentu,, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda, kalau mau share silahkan saja dan tidak ada tuntutan apapun dari saya !! Dan semua artikel disini tidak ada unsur untuk melakukan pembajakan dari pihak manapun tapi cuma untuk share saja.

:: Thank you for visiting ! ::

Comments
7 Comments

7 comments:

  1. Gan,

    Ane mau nanya nih, kalo kita mau cetak laporan berdasarkan tanggal dan keterangan (menggunakan Combobox) codingnya gimana ya gan?

    jadi kalo dicetak yang tampil adalah berdasarkan tanggal dan keterangan yang kita pilih.

    mohon bantuannya gan.
    Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya dicombobox ada Pilihan Tanggal dan Keterangan gitu maksudnya ?
      kita ingin filter berdasarkan Tanggal maka dicombobok PILIH tanggal,kalo Filter berdasarkan Keterangan Pilih dicombo Keterangan ?

      1.Tambahkan button1,datetimepicker1 dan edit1
      2.isi Combobox itemsnya (harus sama dengan nama Field Tabel) :
      Tanggal
      Keterangan

      di Di event combo OnCLik :
      if combobox1.text='Tanggal' then
      begin
      datetimepicker1.visible:=true;
      edit1.visible:=false
      end else
      begin
      datetimepicker1.visible:=false;
      edit1.visible:=true
      end
      3. dibutton1 :
      if combobox1.text='Tanggal' then
      begin
      ...
      select*fromTBLxxx where Tanggal= blablabla (datetimepicker1)
      ...
      end else
      begin
      ...
      select*fromTBLxxx where Keterangan= blablabla (edit1.tex)
      ...
      end


      maksudnya gitu bukan ?
      soalnya di atas dikatakan BERDASARKAN jadi mefilter (mencari) dengan pilihan yang ada dicombobox...

      itu yang saya tanggkap dari pertanyaannya.

      Delete
  2. Gini Gan,

    Misalnya Ane Mau cetak laporan Pembelian nih. trus didalam tabel databasenya ada field tanggal dan keterangan, contoh keterangan disini misalnya nama suppliernya.

    nah pada saat mau cetak laporannya ada 2 pilihan :
    1. Tanggal (dari tgl xx sampai tgl xx)
    2. keterangan (isinya data2 supplier)

    disaat kita mau cetak, laporan yang akan ditampilkan hanya berdasarkan range tanggal (dari tanggal xx sampai tanggal xx) DAN keterangan(salah satu nama suppliernya).

    jadi dicetakanya berdasarkan 2 pilihan yang sudah kita sortir tadi (tanggal dan keterangan)

    Begitu Gan maksudnya Ane...

    ReplyDelete
  3. sory lupa gan..
    klo yang tanggal itu ane pake Component DateTimePicker
    sedangkan keterangan pake component DBLookupComboBox

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sintax berdasarkan tanggal (di MS Access) format tanggal atur sesuai jam sistem:

      Select*from tblXX where tanggal >=# '+formateDateTime('yyyy/MM/dd',DateTimePicker1.date)+' # and tanggal <=# '+formateDateTime('yyyy/MM/dd',DateTimePicker2.date)+' #

      Berdasarkan DBLookupComboBox :
      Select*from tblXX where keterangan='+DBLookupComboBox1.text+'


      KALAU DIGABUNG (mencari berdasarkan tanggal dan keterangan):

      Select*from tblXX where tanggal >=# '+formateDateTime('yyyy/MM/dd',DateTimePicker1.date)+' # and tanggal <=# '+formateDateTime('yyyy/MM/dd',DateTimePicker2.date)+' # and keterangan='+quotedstr(DBLookupComboBox1.text)+'

      Delete
  4. bisa minta script lengkapnya gak? soale takutnya script bertolak belakang dengan format script yang biasa ane buat.

    disini ane pakenya ADOquery buat koneksi databasenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adoquery1.Close;
      Adoquery1.sql.clear;
      Adoquery1.sql.add('Select*from tblXX where tanggal >=# '+formateDateTime('yyyy/MM/dd',DateTimePicker1.date)+' # and tanggal <=# '+formateDateTime('yyyy/MM/dd',DateTimePicker2.date)+' # and keterangan='+quotedstr(DBLookupComboBox1.text)+' ');
      Adoquery1.open;

      Delete

Jangan Lupa Memberikan Komentar, Namun Tolong Agar Menggunakan Bahasa Yang BAIK dan SOPAN Terima Kasih...