Pages

Info Saya

----------------------

TENTANG SAYA

Nama saya Lengkapnya adalah Yudi Permana, Saya memang Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru. Saya hanya Bisa Mengutak Atik yang ada Tanpa Tau Apa Maksud dan Tujuannya. Mohon Untuk Tidak Tersinggung Bila Ada Sesuatu yang sama Dari Blog Ini...

----------------------

Merubah warna Huruf dan Teks pada Laporan di Delphi

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Merubah warna Hurup (Font) dan isi teks yang tampil pada laporan mungkin ada kalanya dibutuhkan,barangkali untuk memperindah Tampilan laporan ataupun maksud n tujuan yang lain. Tool atau komponen yang dipakai disini sebagai contoh adalah dengan QReport yang sudah menjadi standar bawaan delphi. Ane tidak tau apakah banyak yang biasa bergelut dengan programnya yang canggih" menggunakan hal seperti ini pada pembuatan laporan, contoh halnya pada laporan Absensi. Mari kita lihat perbedanya disini : 
-Hasil Laporan sebelu dimanipulasi 

-Hasil Laporan sesudah dimanipulasi
Jelas ada perbedaan kan ? coba menurut kalian mana yang lebih enak digunakan..
Contoh diatas adalah menampilkan jika masuk lebih dari jam 18:15 maka dikasih tanda dengan warna merah. Dan mungkin untuk jam 00:00 terasa aneh jika terlihat begitu, maka bisa diganti sesuai keinginan misal dengan "-".

Ok.. Ini lah Contoh Sintaxnya, klik pada OnPrint misal Pada QDBTEXT3.

Procedure TFLapAbsen1.QRDBText3Print(sender: TObject; var Value: String);
begin
if Value='00:00' then
Value:='-'
else
if (TimeToStr(fmenu.ADOProsesMasuk.Value)>'08:15') and (TimeToStr(fmenu.ADOProsesMasuk.Value)<'17:00') then
QRDBText3.Font.Color:=clRed
else
QRDBText3.Font.Color:=clBlack
end;


Bisa juga (TimeToStr(fmenu.ADOProsesMasuk.Value)>'08:15') ganti dengan Value>'08:15'

Keterangan : Jika Value pada QRDBText3=00:00 maka Ganti Valuenya dengan "-", dan jika Jam lebih dari 08:15 dan kurang dari Jam 17:00 maka rubah warnanya jadi Merah selain itu Hitam..

Jika Mau Background Detail warna warni :

procedure TForm1.DetailBand1BeforePrint(Sender: TQRCustomBand;
  var PrintBand: Boolean);
begin

  if ADOTable1.RecNo mod 2 = 1 then
    Sender.Color:= $08bfe6
  else
    Sender.Color:= $93e7f9;
end;

Mungkin maksudnya sudah ngertikan, Ane bingung mesti ngomong gimana neranginnya.xixixi.....

Ditulis Oleh : Antas Delphi ~ Blogger

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Merubah warna Huruf dan Teks pada Laporan di Delphi,, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda, kalau mau share silahkan saja dan tidak ada tuntutan apapun dari saya !! Dan semua artikel disini tidak ada unsur untuk melakukan pembajakan dari pihak manapun tapi cuma untuk share saja.

:: Thank you for visiting ! ::

Comments
1 Comments

1 comment:

Jangan Lupa Memberikan Komentar, Namun Tolong Agar Menggunakan Bahasa Yang BAIK dan SOPAN Terima Kasih...