Pages

Info Saya

----------------------

TENTANG SAYA

Nama saya Lengkapnya adalah Yudi Permana, Saya memang Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru. Saya hanya Bisa Mengutak Atik yang ada Tanpa Tau Apa Maksud dan Tujuannya. Mohon Untuk Tidak Tersinggung Bila Ada Sesuatu yang sama Dari Blog Ini...

----------------------

Setting, BackUP, Restore Database Mysql dengan Delphi

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mensetting Database, BackUp dan Restore, tapi yang jelas apa salahnya jika kita punya kreatifitas sendiri dan dibagikan dengan orang lain yang barangkali saja membutuhkannya.. Saya punya lagi contoh untuk hal yang demikian itu, contoh ini bagi yang belum tau (karena lihat tampilannya beda n pas dijalankan project'y muncul pesan error) saya menggunakan komponen AlphaControl, mungkin kebanyakan semua sudah pada tau tentang komponen tersebut.
Satu hal lagi saya menggukan Fasilitas Xampp dan MysqlDac (DAC for MySql) saat melakukan pembuatan progam ini, untuk Mysqldac kalau mau coba silahkan download disini (WAJIB)
Tentu sudah tau kan gunanya untuk apa. Kenapa diperlukan juga ? karena saat Melakukan pengCodingan BackUp Database saya menggunakan komponen MySqlDump jadi proses pembuatan Codingnya simple.

Setting Database, Backup Restore Database Dengan Delphi
Untuk Proses Restore disana ada editbox cari dimana DB yang akan kita Restore, dan untuk Lokasi Instalasi File mysql itu maksudnya tempat atau Directori Instalasi DB (Xampp), kalo misal kan Directorinya beda jadi bisa diganti, Misal : C:\Xampp\Mysql\bin atau C:\MySQL\ bla. bla.. bla..
Silahkan Coba dulu EXEnya karena jika langsung proyeknya mungkin saja jadi bingung atau ada error karena kalau EXE jika ada error langsung diHandle dan tau apa masalahnya.
Untuk User Password Isikan 12345 di Servernya atau rubah dulu settingan koneksinya, cari file berekstensi .SAV buka dengan wordpad dan hapus passwordnya (untuk default dan selanjutnya silahkan rubah kalo sudah konek).
Kenapa mesti pake password diserver ? Karena jika pada saat Restor tidak akan jalan coding'ya.
Tapi jika anda tidak mau memakai password  silahkan rubah Codingnya di TOMBOL RESTOR (hapus -p).


Kalau memang sudah paham dan tidak perlu dijelaskan lagi bila tidak paham NGACUNG DIPARAPATAN COY, silahkan kalau mau coba dowload sourcenya disini, Untuk Alpha control Cari sendiri :

 Source Code :
 Curi Data Sekarang dari sini !! 

Komponen DAC :
DAC for MySql

Responya donkssss....



Ditulis Oleh : Antas Delphi ~ Blogger

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Setting, BackUP, Restore Database Mysql dengan Delphi,, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda, kalau mau share silahkan saja dan tidak ada tuntutan apapun dari saya !! Dan semua artikel disini tidak ada unsur untuk melakukan pembajakan dari pihak manapun tapi cuma untuk share saja.

:: Thank you for visiting ! ::

Comments
2 Comments

2 comments:

Jangan Lupa Memberikan Komentar, Namun Tolong Agar Menggunakan Bahasa Yang BAIK dan SOPAN Terima Kasih...